Riset tentang Kalor

Kalor merupakan energi yang berpindah dari suhu lebih tinggi ke suhu lebih rendah ketika kedua benda tersebut bersentuhan. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali menjumpai hal-hal yang berhubungan dengan perambatan kalor.

Perambatan kalor ada 3 macam, yaitu:
1. Konduksi/Hantaran
2. Konveksi/Aliran
3. Radiasi/Pancaran

Saat kita menuangkan air panas yang telah mendidih ke dalam gelas. Seketika itu juga gelas tersebut terasa panas. Dalam peristiwa ini telah terjadi perpindahan kalor melalui konduksi. Peristiwa lain yaitu ketika kita merebus air dalam panci dengan kompor gas atau kompor biasa, makin besar nyala api makin besar kalor yang diberikan api pada air dalam panci tersebut. Sehingga panci tersebut terasa panas. Oleh karena itu di setiap peralatan dapur seperti sudip, wajan, panci, dan alat pemanggang selalu diberikan isolator untuk memudahkan kita memegang benda tersebut saat kita memasak supaya kita tidak merasakan panas dari kalor yang berpindah tersebut.

Menurut percobaan sederhana yang saya lakukan yaitu saat air di dalam gelas terasa panas kemudian kita memasukkan sendok ke dalam gelas tersebut maka air itu lambat laun akan menjadi dingin. Mengapa hal itu terjadi??? Jawabannya karena kalor yang berasal dari air yang ada di gelas tersebut berpindah ke sendok yang baru saja kita letakkan. Banyak sekali peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan kalor.

Kita mencampurkan air dingin dengan air panas yang baru mendidih maka air yang semula dingin akan menjadi panas. Hal itu merupakan perambatan kalor secara konveksi. Cahaya matahari sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan kita. Matahari merupakan sumber kalor terbesar di bumi..WoOwW!! Salah satu manfaat dari sinar matahari yaitu ketika kita menjemur pakaian yang basah di bawah sinar matahari, lama kelamaan pakaian yang basah tadi menjadi kering. Pancaran sinar matahari tersebut yang mengakibatkan kalor berpindah ke pakaian yang basah sampai menjadi kering. Sinar matahari pagi juga sangat bermanfaat bagi kulit kita. Sinar tersebut mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D sehingga kulit kita terliht sehat. Tapi akhir-akhir ini panasnya terik matahari membuat kita gerah, kehausan, dan cepat lelah..Hmmm…

Satu hal lagi yang dapat kita temukan di balon udara yang berkaitan dengan kalor. Untuk menerbangkan balon udara kita harus memanaskan tabung balon udara tersebut. Saat panas sudah terkumpul maka balon udara dapat diterbangkan. Gampangkan???Nah, ini cara untuk menurunkan balon udara, kita menurunkan suhu pembakaran di tabung balon udara itu karena suhunya mulai dingin lama kelamaan balon udara itu akan mendarat. Kalor juga menyebabkan perubahaan wujud zat, yaitu mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim. Kalor ini disebut juga “Kalor Laten”. Apa sich pengertian “Kalor Laten”??? Sebelum kita mengetahui pengertian “Kalor Laten” mari kita simak peristiwa berikut ini. Kita memasukkan air ke dalam freezer di kulkas kira-kira 1 hari maka air tersebut berubah menjadi es batu. Kemudian kita keluarkan es batu tersebut dan kita letakkan di gelas yang terbuka dan dibiarkan selama 30 menit, es tersebut sudah menjadi air.

Bagaimana sudah dapatkah kita mendefinisikan pengertian dari “Kalor Laten”??? Kalau belum, ayo kita simak lagi peristiwa yang lain. Saat kita merebus air hingga mendidih tetapi kita tidak segera mematikan kompor, lama kelamaan air di dalam panci akan habis. Hal itu sangat berbahaya!! Jangan ditiru ya!! Tetapi jika kita cepat membuka panci saat air mendidih maka kita akan melihat uap-uap air di tutup panci tersebut. Jadi, Kalor laten adalah kalor yang diperlukan atau dibuang pada saat terjadi perubahan wujud zat tiap satuan massa. Itulah berbagai peristiwa dalam kehidupan kita sehari-hari yang berhubungan dengan kalor. Terima Kasih.

Tentang ditiniautami

I live to healthy and be happy with Jesus. Panggilan saya sehari-hari Tami.. Ramah, sopan, dan murah senyum...percayalah.. saya gak gigit koq :D :D :D Berteman dengan saya santai tapi serius.. Thats about me. bye :D
Pos ini dipublikasikan di Fisika Club. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s