LISTRIK DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Sekarang kita akan membahas tentang listrik. Listrik sangat umum sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan jika listrik mati maka kita akan sulit melakukan aktivitas sehari-hariyang berhubungan dengan alat-alat elektronik. Sebelum kita simak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan listrik, kita harus mengetahui pengertian listrik itu.

Listrik dibagi menjadi 2, yaitu listrik dinamis dan listrik statis. Listrik dinamis mempelajari tentang muatan-muatan listrik yang bergerak. Sedangkan listrik statis mempelajari tentang muatan listrik yang diam. Nah, kita akan membahas tentang listrik dinamis. Hal nyata yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu lampu yang menyala terang atau yang menyala redup. Saat kita membeli bolham lampu biasanya ada ukuran watt dari lampu itu. Contohnya: lampu 25 watt, 60 watt, 75 watt, dan 200 watt.Arus listrik yang ada di rumah kita hanya dapat mengalir dalam suatu rangkaian tertutup saja. Arah kuat arus listrik mengalir dari titik berpotensial tinggi ke titik berpotensial rendah. Sumber-sumber tegangan listrik berasal dari baterai, aki, generator, dll.

Kita sering melihat burung bertengger di atas kawat terentang bertegangan listrik. Tetapi mengapa burung tidak terkena kejutan listrik???Ayo kita selidiki…. Arus listrik mengalir melalui kawat bertegangan dan kedua telapak kaki burung. Karena kedua kaki burung bertengger pada tekanan yang sama , maka tubuh burung tidak dilalui oleh arus listrik. Dengan kata lain burung tidak terkena kejutan listrik. Seandainya kawat putus dan burung tetap bertengger pada kawat saat kawat listrik menyentuh tanah. Apa yang terjadi?? Penasaran jawabannya?? Mari kita simak baik-baik penjelasannya!! Kaki dari burung bertegangan dan kaki yang menginjak kawat bertegangan nol. Karena ada beda tegangan antara kedua kaki burung maka arus listrik akan mengalir dari kaki yang bertegangan ke kaki yang bertegangan nol melalui badan burung. Akibatnya burung akan segera hangus karena terkena kejutan listrik.

Sekarang kita mengetahui tentang instalasi listrik di rumah kita. Instalasi listrik di rumah kita biasanya terdiri atas rangkaian parallel. Dalam susunan parallel, jika salah satu komponen rusak (misalnya filament lampu pijar putus), komponen-komponen lain dalam rangkaian (TV, radio, dan kulkas) masih tetap bekerja. Dalam instalasi listrik rumah, pemutus daya (circuit breaker) digunakan sebagai pengganti sekring. Ketika kuat arus dalam rangkaian melebihi nilai tertentu, maka pemutus daya akan bertindak sebagai sakelar dan memutus rangkaian secara otomatis. Bila arus yang melebihi batas dapat merusak komponen-komponen pada rangkaian mengakibatkan pemanasan lebih pada kawat atau kabel penghantar yang dapat menyebabakan terjadinya kebakaran. Bahaya kan?? Alat elektronik yang rusak karena tersambar petir juga merupakan hantaran dari arus listrik yang berasal dari rangkaian listrik. Oleh karena itu jika hari sedang hujan dan petir menggelegar sebaiknya kita terlebih dahulu harus mencabut semua kontak alat elektronik dari tempat stop kontak listrik.

Energi listrik dapat berubah menjadi energi cahaya dan energi kalor di alat-alat elektronik yang sering kita gunakan seperti setrika listrik, teko listrik, dan hairdryer. Kita dapat mengetes apakah kawat listrik di rumah kita bertegangan atau tidak dengan menggunakan test pen. Tanda kalau kawat memiliki tegangan maka lampu neon test pen akan menyala. Tetapi jika kawat tidak memiliki tegangan maka lampu neon test pen tersebut tidak menyala. Jangan sekali-kali mengetes apakah suatu kawat listrik di rumah kita bertegangan atau tidak dengan menggunakan obeng biasa. Obeng biasa tidak mengandung penghambat tinggi sehingga ketika obeng menyentuh kawat bertegangan maka arus listrik cukup besar akan mengalir dari kawat melalui badan kita menuju ke tanah sehingga kita dapat tersetrum.
Jadi, dalam kehidupan sehari-hari, kita harus berhati-hati dalam menggunakan peralatan listrik.!!!

Tentang ditiniautami

I live to healthy and be happy with Jesus. Panggilan saya sehari-hari Tami.. Ramah, sopan, dan murah senyum...percayalah.. saya gak gigit koq :D :D :D Berteman dengan saya santai tapi serius.. Thats about me. bye :D
Pos ini dipublikasikan di Fisika Club. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s