RISET TENTANG PEMUAIAN

Pada umumnya apabila suatu benda dipanaskan maka benda itu akan memuai. Kaca jendela yang terus-menerus terkena panas dapat pecah karena memuai. Balon yang dipanaskan terus-menerus akan pecah. Dalam kehidupan sehari-hari kita telah memanfaatkan pemuaian zat padat. Apabila suatu benda padat dipanaskan, maka benda tersebut akan memuai ke segala arah. Contohnya sambungan antara rel kereta api tidak dibuat rapat karena pada siang hari besi rel akan memuai dan menyebabkan bertambah panjangnya rel tersebut.

Pemuaian gas dapat kita simak melalui percobaan berikut ini. Kita sediakan botol kaca, balon, dan ember berisi air panas serta air ledeng. Mulut balon tersebut kita masukkan ke dalam mulut botol kemudian kita letakkan bagian bawah botol ke dalam ember yang berisi air panas. Perlahan-lahan udara dalam botol akan memuai dan menyebabkan balon mengembang. Namun ketika bagian bawah botol kita siram dengan air ledeng maka suhu udara akan berkurang dan balon pun mengempis. Jadi dari percobaan tadi menunjukkan bahwa udara dapat memuai jika dipanaskan.

Tetapi beberapa zat tidak selalu memuai jika dipanaskan. Diantara suhu-suhu tertentu zat tersebut dapat menyusut. Sifat pemuian air yang tidak teratur disebut anomali air. Anomali air sangat penting artinya bagi kehidupan ikan dan tumbuh-tumbuhan didalam air saat cuaca sangat dingin. Ketika air dingin dalam telaga atau danau mencapai suhu di bawah 4°C, pertambahan volume air karena pemuaian akan memperkecil massa jenis air yang lebih dingin. Air lebih dingin yang massa jenisnya lebih kecil akan bergerak ke permukaan telaga, sedangkan air 4°C yang massa jenisnya lebih besar akan tenggelam ke dasar telaga. Sebagai hasil, air di permukaan akan membeku terlebih dahulu, sebab air yang di permukaanlah yang mencapai suhu 0°C. Jadi di permukaan air akan terbentuk lapisan es. Air di bawah lapisan es pada telaga atau danau yang dalam tidak pernah membeku, sehingga ikan dan tumbuh-tumbuhan di dalam telaga mampu bertahan hidup menghadapi musim dingin.

Satu fungsi lagi dari pemuaian. Jika tutup botol dari logam sulit dibuka, agar dapat dibuka masukkan botol tersebut ke dalam air panas. Hal ini dilakukan supaya udara dalam botol memuai dan mendorong tutup botol tersebut sehingga kita mudah membuka tutup botol itu. Demikianlah peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih…

Tentang ditiniautami

I live to healthy and be happy with Jesus. Panggilan saya sehari-hari Tami.. Ramah, sopan, dan murah senyum...percayalah.. saya gak gigit koq :D :D :D Berteman dengan saya santai tapi serius.. Thats about me. bye :D
Pos ini dipublikasikan di Fisika Club. Tandai permalink.

5 Balasan ke RISET TENTANG PEMUAIAN

  1. dedi berkata:

    trima kasih banyak atas bantuan anda….
    karna anda lah saya bisa mengerjakan praktek yg di suruh pada guru saya….
    apakah ada percobaan lain tentang pemuaian…..

  2. ditiniautami berkata:

    Okkee u’re welcome..🙂
    Maaf untuk percobaan lain ttg pemuaian masih belum ada.

  3. acca berkata:

    ada ng’ contoh kegiatan percobaan ttg pemuain padat, cair dan gas? yg simple aja. thanks

  4. reynerr berkata:

    thx aku jadi bisa kerjain tugas ipa ku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s