LAMPU SENSITIVE CAHAYA

Rangkaian Elektronika dari Blog Fisikarudy.com

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • PCB IC atau papan untuk menempatkan rangkaian.
  • 1 buah Lampu LED 3V.
  • 2 buah Transistor.
  • 4 buah Resistor.
  • 1 buah Kabel Hitam dan Kabel Merah.
  • Jepitan Baterai kotak.
  • 1 buah LDR atau sensor cahaya
  • 1 buah Baterai 9V.
Rangkaian Lampu Sensitive Cahaya

Rangkaian Lampu Sensitive Cahaya

Biaya Pembuatan

  • Lampu LED 3V @Rp 1.000,- x 1                    = Rp 1.000,-
  • LDR atau sensor cahaya @Rp 3000,- x 1    = Rp 3.000,-
  • Resistor @Rp 1.000,- x 4                                  = Rp 4.000,-
  • Transistor @Rp 1.500,- x 2                              = Rp 3.000,-
  • Kabel Hitam & Merah + jepitan baterai       = Rp 2.000,-
  • Papan PCB IC @Rp 3.000,- x 1                        = Rp 3.000,-
  • Baterai Panasonic 9V @Rp 10.000,- x 1     = Rp 10.000,-
  • Jumlah Biaya                                                         = Rp 26.000,-
Skema Rangkaian

Skema Rangkaian

Lamgkah Kerja:

  1. Susun rangkaian secara parallel.
  2. Lampu LED dirangkaikan bersebelahan dengan transistpr kedua (Q2). Disebelah kiri lampu, diletakkan resistor (R3) dan didepan lampu juga diletakkan sebuah resistor (R2). Resistor ini berfungsi sebagai penghambat arus yang mengalir dengan tujuan ketika rangkaian dialiri arus listrik dari baterai, lampu tidak langsung menerima arus agar tidak cepat putus.
  3. Letakkan transistor pertama (Q1) didepan lampu LED kemudian didepan transistor dipasang resistor (R4) sebagai penghambat aliran arus. Transistor sama fungsi dengan saklar.
  4. Selanjutnya pasang LDR atau sensor cahaya didepan transistor pertama (Q1) lalu letakkan resistor (R1) di samping kiri LDR.
  5. Sambung kabel merah sebagai kabel positif disebelah kiri di dekat resistor (R1) dan LDR. Kemudian sambung kabel hitam sebagai kabel negativ disebelah kanan dekat transistor pertama (Q1).
  6. Setelah semua rangkaian dipasang, lalu solder semua rangkaian tersebut sesuai tempat yang sudah ditentukan tadi.
  7. Selesai di solder, silahkan uji coba rangkaian dengan cara menyambung kabel merah dan kabel hitam tersebut ke sebuah baterai 9V.
Hasil Solder

Hasil Solder

Test Alat, ketika ada cahaya maka lampu mati

Test Alat, ketika ada cahaya maka lampu mati

Test Alat, ketika sensor cahaya tidak terkena cahaya maka lampu menyala

Test Alat, ketika sensor cahaya tidak terkena cahaya maka lampu menyala

Proses Uji Fungsi Rangkaian

Ketika kita menyambungkan kabel merah dan kabel hitam ke baterai 9V maka arus listrik mulai dialirkan. Ketika cahaya sangat terang menyentuh sensor cahaya (LDR) maka lampu LED tidak menyala. Tetapi ketika cahaya tidak menyentuh sensorcahaya (LDR) atau dalam keadaan gelap maka secara otomatis lampu LED akan menyala.

Tentang ditiniautami

I live to healthy and be happy with Jesus. Panggilan saya sehari-hari Tami.. Ramah, sopan, dan murah senyum...percayalah.. saya gak gigit koq :D :D :D Berteman dengan saya santai tapi serius.. Thats about me. bye :D
Pos ini dipublikasikan di Fisika Club. Tandai permalink.

39 Balasan ke LAMPU SENSITIVE CAHAYA

  1. pak rudy berkata:

    mantap …. untung duluan dikumpulkan ….
    kayaknya Tami masuk nominasi ke Jurusan Ilmu Alam nie😀

    Congrats ! Nice work !

  2. ditiniautami berkata:

    That’s right Sir,, terima kasih sudah mendidik Tami.. Saya senang sekali bisa masuk jurusan Ilmu Alam..

  3. imanhianto berkata:

    besarnya komponen berapa pak kok tidak ada satuannya? cuman transistor sekian buah, dan lain sebagainya. setahu saya misal transistor berapa ohm atau satuan yang lain gitu. terima kasih

  4. ujang berkata:

    resistornya berapa ohm trus transistornya tipe apa????????????????/

    please bales

  5. kevin berkata:

    mbak,, itu tiap2 komponen nilai nya brapa serta satuannya…

    kemudian,,, bisa gk dibuat lebih optimal gi dengan menggunkan fitting lampu

  6. gilbert berkata:

    gak jelas brapa besarnya tahanan pada resistor bgtu pula dengan jenis transistornya apakah jenis npn atau pnp

  7. ecka berkata:

    hy……
    kak
    tanya berapa tahanan masing2 resistor dan transistor tuk buat rangkaian ini kak ?
    tlong cpat ya kak ?

  8. M.ANDRI DERIAN.S berkata:

    itu transistornya brp nomornya
    resistornya brp ohm …

    ksih tw ya mna tw aq bsa mencoba di rmh

    hehehe😀

  9. sayenvirus berkata:

    nilai reistor dan transistornya berapa????

  10. Pome berkata:

    kk, itu R1-R4 nya yg 330R bukan? sama transistor nya itu yg bertipe NPN kah?

  11. Anonim berkata:

    resistor 1 buah Rp 1000,- ??
    apakah ngarang??

  12. Anonim berkata:

    kenapa kok gag beserta nilai resistor dan transistor

  13. Anonim berkata:

    berapa nilai resistor dan nilai transistornya
    bales

  14. eman berkata:

    YANG BERAPA TUH TRANSISTOR NYA ??

  15. Anonim berkata:

    transistor dan resistornya tipe berapa ya ?

  16. Anonim berkata:

    nilai semua komponen

  17. Anonim berkata:

    Tidak jelas

  18. adhit berkata:

    nilai-nilai komponennya berapa aja ?

    mohon di blas

  19. Anonim berkata:

    BASONG MBE KETERANGAN KOMPONENNYA

  20. Anonim berkata:

    woy nilai transistor’a berapa ?
    sama ldr jenis apa ?

    cpt blz dund…
    gpl ya…

  21. Zainul Mukti berkata:

    nilai resistornya 330 ohm,

  22. Cicely berkata:

    nilai resistornya sih kak:( R1-R4… transistor juga…

  23. Cicely berkata:

    eh resistornya bisa diitung pake warna……ada yang kliatan jelas ga itu warnanya apa aja? aku gayakin nih :s

  24. Cicely berkata:

    330 ohm tah? R1-R4? pasti?
    thanks @ zainul mukti!

  25. abachriel berkata:

    beginilah seharusnya lampu kendaraan…jadi ga bikin silau pengendara dari arah berlawanan

  26. Anonim berkata:

    klw boleh nilai2 n watt setiap komponen d jelasakn???

  27. Anonim berkata:

    Nilai Transistornya berapa tuh??
    ccd banget!!

  28. Anonim berkata:

    GOBLOK BANGET

  29. YhoMan Galih berkata:

    kalau komen mbok yang sopan.. gk ngpost foto nama palsu… culun ente… namanya pemblajaran ya mungkin dia masih blum bisa kaya lu yang pinter… klo gk terima add fb saya galihyudho90@gmail.com

  30. Willy berkata:

    Maaf, resistornya masing masing ukuran berapa dan transistornya masing masing seri apa? Karena masing masing nomor seri transistor memiliki fungsi tertentu. Gambar susunan skema rangkaiannnya mana?

  31. Anonim berkata:

    nilai resistor dan transistor nya brapa?????
    kasih tauuu la

  32. Anonim berkata:

    kk,,, ne untuk transistor dan resistornya nilai dan tipenya brapaa kk ??/

    danke

  33. ixhan berkata:

    percuma lengkap cara-cara buatnya tapi nilai resistor dan transistornya ngk ada ??

  34. KAY berkata:

    KIRAIN LDR MAHL? KOK CUMA 3RB.

  35. BOY berkata:

    gw bkin lampu dg ldr dan luxeon tp kok nyala gk bsa terang.

  36. Dhea Pramesti berkata:

    Spesifikasi Transistor, resistor dll apa? misalnya kaya transistor atau resistor yang tipe berapa atau nomer berapa gitu?

  37. Dhea Pramesti berkata:

    Bagi yang tau nilai resistor dan transistor sama LDR nya berapa, plis kasih tau ya.🙂 makasih

  38. BOY berkata:

    LDR biasa nya pkai transistor NPN spt BC547, 2N2222 dll. Mending pkai phototransistor drpd LDR. phototransistor bentuk nya lbh imut + mungil spt.. apa ya?

  39. sandra setiawan berkata:

    misal arus AC,gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s