Seberapa tinggi balon udara bisa naik di atmosfer?????

Balon udara adalah teknologi penerbangan pertama oleh manusia, ditemukan oleh Montgolfier bersaudara di Annonay, Perancis pada 1783. Penerbangan pertama dengan manusia diadakan pada 21 November 1783, di Paris oleh Pilâtre de Rozier dan Marquis d’Arlandes. Balon udara panas dapat dikendalikan dan bukan hanya dibawa angin yang dikenal dengan airship atau thermal airship. Dulu balon udara terbuat dari kertas atau sutra berminyak, kemudian berkembang. Namun, yang paling fenomenal adalah penemuan karet sebagai bahan baku pembuatan balon. Bahkan, dengan bahan karet saja tak cukup, lantas ditemukan balon dengan menggunakan lapisan tekstil.

Balon udara itu mengembang karena diisi udara panas. Ada pula yang menggunakan gas batu bara atau hidrogen. Dengan begitu balon akan melayang bebas di udara. Untuk menaikkan atau menurunkan balon dapat dilakukan dengan menambah atau mengurangi gas yang mengisi ruang balon. Balon naik ke udara dan melayang pada ketinggian tertentu, maka yang dilakukan adalah mengisi balon sehingga berat udara yang dipindahkan lebih berat dari berat balon. Hingga kemudian mencapai titik ketinggian yang diinginkan. Semakin tinggi dari permukaan air laut, semakin rendah tekanan atmosfer, penurunannya secara eksponensial. Hal ini akan memengaruhi nilai berat udara yang dipindahkan.

Steve Fossett, Richard Branson, dan Vijaypat Singhania. Mereka ini melakukan aksi yang memang luar biasa. Penerbangan dengan balon udara keliling dunia sampai pada adu ketinggian terbang yang juga hanya menggunakan balon udara. Steve Fossett tercatat sebagai orang pertama di dunia terbang solo dengan balon udara melintasi Afrika yang menempuh jarak 10.361 mil dalam waktu enam hari, dua jam, 44 menit.

Vijaypat Singhania memecahkan rekor ketinggian terbang dengan balon udara. Perjalanannya ini diberi nama MI 70K (Mission Imposible 70,000). Dia ingin memecahkan rekor ketinggian terbang, 64.997 kaki (19.811 meter) yang dipegang oleh Per Lindstrand (Swedia) tahun 1988. Pada tahun 1893 ilmuwan Perancis Jules Richard menerbangkan balon udara. Balon ini tak berawak mendekati ketinggian 50.000 kaki (15.240 meter). Rekor ketinggian untuk balon tak berawak adalah (1991 edisi Guinness Book) 51,8 km (170.000 feet).

Sumber:

Balon_udara_panas

balon-udara-bermain-main-dengan-prinsip.html

Flight_altitude_record

 

Tentang ditiniautami

I live to healthy and be happy with Jesus. Panggilan saya sehari-hari Tami.. Ramah, sopan, dan murah senyum...percayalah.. saya gak gigit koq :D :D :D Berteman dengan saya santai tapi serius.. Thats about me. bye :D
Pos ini dipublikasikan di Fisika Club. Tandai permalink.

2 Balasan ke Seberapa tinggi balon udara bisa naik di atmosfer?????

  1. Pak Rudy berkata:

    saya kira tami tadi orangnya suka marah-marah eh ternyata murah senyum … mudah-mudahan bukan senyum murahan😛 … jangan sangitlah Tami … sengaja ja

  2. ditiniautami berkata:

    Kada pang sangit pak aei…tpi hati kada nyamann
    Hahahahhahaha
    …bapak nichh ada-ada sajaaa…😀😀😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s