Bereksperiment Lagi

Saya dan teman-teman CS melakukan percobaan ulang. Percobaan kali ini menggunakan jenis telur yang sama, yaitu telur ayam ras. Alat dan bahan-bahan yang digunakan, yaitu:

  • Air
  • Garam
  • Merica
  • MSG atau Petsin
  • Asam kamal
  • Gula Jawa
  • Gula
  • Minyak goreng
  • Telur mentah (Telur ayam)
  • Telur Matang (Telur ayam)
  • Sendok pengaduk
  • Gelas

Nah,, dari semua bahan diatas, kami mencampurkan satu per satu bahan tersebut, seperti:

  • Air saja
  • Air + garam
  • Air + gula
  • Air + MSG
  • Air + merica
  • Air + gula jawa
  • Air + asam kamal

Perubahan apa yang akan terjadi??? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap telur yang dimasukkan ke dalam larutan tersebut???

Mari kita liat hasil percobaan berikut ini😀😀😀 Kami beramai-ramai melihat perubahan yang terjadi. Saatnya pemotretan beraksi. Jepret…Jepret…Jepret ….

1. Air saja

Ketika telur mentah (telur ayam) dimasukkan ke dalam air maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut. Dan juga ketika telur matang (telur ayam) dimasukkan ke dalam air maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut.

Air saja

Air saja

2. Air + garam

Ketika telur mentah (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + garam maka telur terapung karena massa jenis telur  lebih ringan daripada massa jenis fluida tersebut. Sedangkan  ketika telur matang (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + garam maka telur melayang karena massa jenis telur sama dengan massa jenis fluida tersebut.

Air+garam

Air+garam

3. Air + gula

Ketika telur mentah (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + gula maka telur tenggelam karena massa jenis telur  lebih besar dari massa jenis fluida tersebut. Dan juga  ketika telur matang (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + gula maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut.

Air+gula

Air+gula

4. Air + petsin

Ketika telur mentah (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + petsin maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut. Dan juga ketika telur matang (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + petsin maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut.

Air+petsin

Air+petsin

5. Air + merica

Ketika telur mentah (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + merica maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut. Dan juga ketika telur matang (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + merica maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut.

Air+merica

Air+merica

6. Air + gula jawa

Ketika telur mentah (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + gula jawa maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut. Dan juga ketika telur matang (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + gula jawa maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut.

Air+gula jawa

Air+gula jawa

7. Air + asam kamal

Ketika telur mentah (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + asam kamal maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut. Dan juga ketika telur matang (telur ayam) dimasukkan ke dalam air + asam kamal maka telur tenggelam karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis fluida tersebut.

Air+asam kamal

Air+asam kamal

Jadi, percobaan tersebut merupakan contoh penerapan hubungan hukum Archimedes dan massa jenis zat. Hukum Archimedes mengatakan bahwa jika suatu benda dicelupkan ke dalam suatu zat cair maka benda itu mendapat tekanan ke atas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang terdesak oleh benda tersebut.

Benda terapung jika massa jenis benda lebih kecil dari gaya ke atas(FA) atau massa jenis fluida. Benda melayang jika massa jenis benda sama dengan  gaya ke atas(FA) atau massa jenis fluida. Benda tenggelam jika massa jenis benda lebih besar dari gaya ke atas(FA) atau massa jenis fluida.

Demikian percobaan yang telah kami lakukan…

Semoga bermanfaat…

Silahkan juga untuk mencoba dirumah😀😀😀

Tentang ditiniautami

I live to healthy and be happy with Jesus. Panggilan saya sehari-hari Tami.. Ramah, sopan, dan murah senyum...percayalah.. saya gak gigit koq :D :D :D Berteman dengan saya santai tapi serius.. Thats about me. bye :D
Pos ini dipublikasikan di Fisika Club. Tandai permalink.

4 Balasan ke Bereksperiment Lagi

  1. ayumaulida berkata:

    Yang air + garam itu telur mentahnya terapung atau melayang?? aku bingung… hehehehe… kalo dibilang terapung, sebagian besar badan telurnya ada di cairan…🙂 kalo melayang, badan telurnya ada sedikit yang muncul ke permukaan… gimana dongs??🙂

  2. ditiniautami berkata:

    Telur yang mentah terapung karena sebagian telur ada di permukaan air.
    Kalau yang matang itu melayang karena seluruh bagian telur terendam air dan berada di tengah-tengah.

  3. ayumaulida berkata:

    oohh.. I see.. Thx yaw🙂

  4. keterangan yang bagus boleh copy paste kan ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s